Selamat Datang

Minggu, 02 Desember 2012

Penerapan E-Commerce dalam Lazada

Di Zaman Modern seperti sekarang perdagangan-perdagangan yang berdagangnya menggunakan media internet. Barang-barang yang diperjual belikan di media internet berupa : jasa, pakaian, sepatu, celana, barang elektronik, dll. Berjalan dengan perkembagan zaman, jualan pun sekarang menjadi lebih mudah tanpa harus bertemu dengan pembeli ataupun penjualnya, perdagangan menggunakan media internetlah yang mempermudah transaksinya atau biasa kita sebut e-commerce. Banyak sekali web yang menyediakan jasa e-commerce seperti kaskus.co.id ,tokobagus.com ,berniaga.com,dll.
Disini saya mengambil contoh web  lazada.co.id yang menyediakan jasa e-commerce.

 Silahkan Lihat Video E-Commerce :


 

 



Logo dari Forum Lazada.co.id

Departemen store online berbasis e-commerce yang dibangun oleh inkubator web terbesar di dunia, Rocket Internet dari Jerman. Departemen store tersebut adalah Lazada Indonesia. 

Lazada Indonesia adalah bagian dari network Lazada Asia Tenggara, dimana kehadirannya menandai awal berdirinya Lazada di negara-negara lain di kawasan yaitu: Malaysia, Thailand, Philippine, dan Vietnam.

Rocket Internet

Rocket Internet, sebagai investor di balik sukses Lazada memiliki sederet kisah sukses lainnya dalam membangun, mengembangakan atau mengoperasiokan beberapa website sebelumnya. Beberapa website tersebut misalnya: Home24, Zalando, Mizado, Sabunta, Zando, TheIconic, Namshi, Dafiti, Zalora, Foodfanda, dll.  

Rocket Internet juga terlibat dalam investor awal untuk website global seperti: Facebook, Linkedin, dan HomeAway. Rocket Internet juga adalah creator dan operator beberapa website besar lain seperti Groupon, Zalando (seperti yang sudah disebutkan), dan Wimdu. Secara total memiliki ratusan webite dan kantor operasional di lebih dari 40 negara, termasuk Indonesia sebagai basis dari Lazada.

E-Commerce dibedakan menjadi 3 macam, yaitu Business to Business (B2B --> pembeli dan penjual adalah organisasi), Business to Customer (B2C --> penjual adalah organisasi, pembeli individu), dan Customer to Customer (C2C --> pembeli dan penjual adalah individu).Di Forum Lazada menerapkan sistem E-Commerce jenis B2C.
 Tampilan Halaman Awal Lazada
  Tampilan Halaman Awal Lazada
Anda bisa cari barang apa yang anda cari melalui item kategori atau search engine.Di Lazada juga di fasilitasi item - item tertentu yang didiskon.


Di Forum Lazada.co.id ini diberi beberapa kemudahan yaitu memilih brand ,memilih harga ,dan Item yang sedang Populer.







 Proses Transaksi

Pertama , kita harus menjadi member Lazada terlebih dahulu.
Kedua , barang yang tadi sudah dibeli dimasukkan ke troli terlebih dahulu.
Ketiga , barang yang tadi sudah ditroli dihitung otomatis oleh lazada dan kita tinggal memilih kota yang akan dikirimi barang tersebut.
Keempat , Setelah itu kita isi data - data yang ada di lazada.
Setelah transaksi dinyatakan berhasil, maka dalam waktu yang ditentukan paket akan datang / sampai.

Disini konsumen dapat menikmati beberapa layanan yang menjadi keunggulan Lazada Indonesia misalnya: Sistim Bayar di Tempat (COD) do lebih dari 100 kota di Indonesia, Garansi Produk dan Uang kembali 30 Hari, Gratis Biaya Kirim, dan Jaminan Kualitas dan Keaslian Produk.

Lazada juga tersedia dalam mode/versi mobile jadi jangan khawatir! Lazada tahu apa yang anda inginkan dan butuhkan (^.^)
 
Kelebihan & Kekurangan Lazada


Kelebihan Belanja Online Di Lazada :

1. Beraneka Ragam Produk Tersedia
2. Banyak Diskon Menarik Yang Di Tawarkan
3. Website yang user friendly
4. Bebas Ongkos Kirim
5. Bisa COD (Cash On Delivery)
6. Pengiriman Barang Cepat
Kekurangan Belanja Online Di Lazada : 

1. Konfirmasi Pembayaran Cukup Lama
2. Fasilitas COD masih belum bisa dibanyak kota



Sumber : 
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar